Mengajari Anak Belajar Berhitung

belajar berhitungbelajar berhitung

Mengajari anak untuk belajar menghitung memang harus dilakukan dengan cara persuasif antara anak dengan orang tua. Anak dan orang tua memiliki hubungan emosional yang sangat dekat, karenanya anak orang tua harus memahami karakter si anak, mood, dan waktu yang pas untuk mengajari anak dalam belajar, terutama belajar berhitung. Berhitung merupakan pelajaran yang sangat dihindari oleh sebagian anak, karena belajar berhitung adalah kegiatan yang membosankan, berhubungan dengan angka-angka yang rumit dan berpikir dengan logika, salah saja sedikit, maka kesananya pun akan salah. Tidak sedikit juga anak yang hobi dalam pelajaran matematika, mereka menyukai pelajaran matematika karena sangat menantang dan baik bagi stimulasi otaknya, tidak heran banyak kejuaraan-kejuaraan cabang anak-anak dalam bidang matematika atau hitung menghitung.

Mengajarkan anak untuk berhitung tidak harus dipaksakan, pastikan mood si anak dalam keadaan santai, aman dan tidak sedang bad mood. Jika hal tersebut dipaksakan, maka hasilnya pun akan tidak bagus. Memiliki anak yang susah untuk diajak belajar menghitung memang bukan perkara mudah, perlu adanya ketertarikan sendiri antara anak dengan pelajaran yang disukainya. Namun, untuk mengajarkan anak untuk berhitung memang tidak sulit jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bujuk anak dengan cara yang baik, seperti memperkenalkan angka-angka dengan visualisasi yang lucu dan unik, seperti membuat anka dengan warna-warni crayon atau spidol.

Buatkan anak Anda berupa angka-angka dengan perpaduan gambar dan warna yang menarik, apalagi di usia di bawah lima tahun sangat cocok untuk diajarkan dalam hafalan karena sangat mudah diingat. Berikan pelajaran berupa audio-visual agar anak tidak bosan dengan pelajaran secara konvensional atau ditulis di papan tulis, dengan membeli CD belajar menghitung, anak Anda akan tertarik dengan metode seperti itu. Biasakan cari waktu yang tepat, seperti di pagi hari atau malam hari pada saat santai di rumah ajarkan anak untuk belajar menghitung.

Biasakan anak untuk belajar berhitung sejak dini, karena otak anak pada usia di bawah lima tahun sangat baik untuk pelajaran hafalan eksak berupa hitungan. Jangan lupa juga berikan anak nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan kecerdasan otaknya.

Be the first to comment on "Mengajari Anak Belajar Berhitung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*